Penerapan Pola Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Penerapan Pola Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Penerapan Pola Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus – Memiliki anak berkebutuhan khusus adalah slot gacor hari ini sebuah karunia dan tantangan di satu waktu. Sama seperti mengasuh anak pada umumnya, tak ada buku manual untuk menentukan mana yang terbaik untuk anak. Masing-masing anak punya kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali mereka yang punya kebutuhan berbeda. Anak berkebutuhan khusus juga butuh perhatian, kasih sayang dan pengasuhan yang tepat. Walaupun perjalanan ini (mungkin) tak mudah, tapi dengan memahami cara yang tepat, menjalaninya akan terasa lebih nyaman. Saat ini anak berkebutuhan khusus juga bisa bersekolah di sekolah umum yang bukan hanya ditujukan untuk anak berkebutuhan khusus. Selain itu, saat ini semakin banyak orang tua yang juga menyekolahkan anaknya di sekolah umum. Hal ini biasanya dilakukan orang tua agar anaknya bisa bersosialisasi dan mudah diterima masyarakat luas. Karena di sekolah umum, anak berkebutuhan khusus bisa bertemu dengan beragam karakter orang. Kalau guru berpikir bahwa guru harus mengenyam pendidikan tertentu untuk bisa menangani siswa berkebutuhan khusus ketika mengajar di sekolah umum, guru tidak sepenuhnya benar. Karena pada dasarnya untuk menangani siswa yang berkebutuhan khusus, guru hanya perlu menerapkan beberapa cara di bawah ini.

Lakukan Proses Evaluasi

Melakukan evaluasi juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan guru lakukan saat menangani siswa yang berkebutuhan khusus. Beberapa hal yang perlu guru evaluasi adalah cara mengajar dan materi pelajar. Selain itu, saat melakukan evaluasi guru juga bisa menilai nilai siswa. Jika nilai siswa tergolong rendah, ada baiknya guru memperbaiki atau mengganti cara mengajar. Karena nilai siswa yang rendah seringkali menandakan bahwa siswa kurang bisa memahami materi pelajaran yang disampaikan guru.

Bantu Siswa untuk Selalu Fokus

Siswa yang berkebutuhan khusus biasanya akan cukup kesulitan untuk memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika guru selalu membantu siswa untuk bisa fokus. Salah satu caranya adalah dengan meminta siswa untuk duduk di posisi paling depan dan bila perlu guru bisa mengajarkan  ulang materi pelajaran yang baru disampaikan.

Berikan Kesempatan Siswa Berkembang dan Berprestasi

Sama halnya seperti siswa lain, siswa yang berkebutuhan khusus juga memiliki kesempatan untuk bisa memiliki prestasi akademik. Oleh karena itu, seorang guru harus bisa terus memberikan kesempatan itu kepada siswa. Beberapa hal yang bisa lakukan untuk mendorong siswa yang berkebutuhan khusus untuk bisa memiliki prestasi akademik adalah memotivasi siswa untuk selalu belajar, berikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat atau berbicara di depan umum.

Berikan Ksimpulan dari Materi Pelajaran

Di akhir sesi belajar mengajar, jangan lupa juga untuk memberikan kesimpulan dari materi pelajaran diajarkan ya. Karena hal ini bermanfaat untuk memudahkan siswa mengingat dan memahami materi pelajaran yang baru disampaikan. Selain itu, jangan lupa juga untuk data macau memberikan informasi kepada siswa mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari berikutnya. Hal ini bermanfaat agar siswa bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Menyemangati Untuk Terus Belajar

Sekolah terkadang menjadi tantangan terutama untuk anak dengan kebutuhan khusus. Coba untuk terlibat dalam edukasinya dan ikuti perkembangannya. Tanyakan pada gurunya, apa yang ia pelajari di sekolah dan latih lagi di rumah. Misal, jika ia sedang belajar matematika, ajak untuk menghitung buah di rumah atau hitung mainan yang ia miliki.

Mengembangkan Kemandirian

Salah satu kesulitan yang dihadapi anak dengan kebutuhan khusus adalah kemandirian & belajar tanggung jawab. Mulailah dari hal kecil seperti membereskan mainan setelah selesai bermain, dan membersihkan tangan atau mulutnya sehabis makan. Ajak untuk membantu memasukkan baju kotor ke dalam mesin cuci, atau ikut berbelanja bersama. Ini akan membantu mereka untuk belajar kontrol dan navigasi di luar rumah.

Mengerti Kondisi Anak

Pelajari semua tentang kondisi kesehatan anak, termasuk kemungkinan adanya komplikasi medis. Dengan begitu, kita bisa siap dengan segala situasi untuk membantu anak dengan tumbuh kembangnya, sekaligus perkembangan kesehatannya di tiap usia. Beberapa gangguan perkembangan bisa mempengaruhi kesehatan fisik anak. Contohnya, anak dengan autisme punya risiko sulit tidur, susah makan, dan permasalahan pencernaan. Sehingga dibutuhkan penanganan ekstra untuk ini, misal selimut hangat dan berat bisa membantu kesulitan tidurnya.

Kenali Kebutuhan Semua Siswa

Hal pertama yang perlu guru lakukan untuk menangani siswa yang berkebutuhan khusus adalah dengan mengenali karakter dan kebutuhan siswa tersebut. Karena setiap siswa yang berkebutuhan khusus perlu mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisinya masing-masing. Untuk mengetahui kebutuhan siswa, guru bisa bertanya pada wali siswa. Selain itu, bila perlu guru juga bisa berkonsultasi ke dokter dan membaca buku untuk memberikan penanganan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *